Sabtu, 23 Januari 2010

Esensi Pernikahan

Apa sih esensi pernikahan..??

Pertanyaan itu baru-baru aja didengungkan lagi ke gw. Dulu.. pernah ada yang bilang tentang hal itu ke gw, yaitu salah seorang vendor (Mrs X -red) yang jasanya belum bisa gw putuskan saat ini apakah akan digunakan atau tidak.. Dan sekarang pertanyaan itu disuarakan lagi oleh pacar gw, si abang Rocky jelek..
Inti pertanyaan-pertanyaan itu adalah... apa sih yang sesungguhnya menjadi esensi suatu pernikahan..lebih tepatnya ketika kita mempersiapkan suatu pernikahan...

Gw memang berencana akan menikah di bulan April 2010 besok...
Kenapa bulan itu yang dipilih...hmmm ga tau juga ya...kayaknya dulu itu keluarga pacar pengen banget anaknya menikah..So, karena di tahun 2009 tidak memungkinkan untuk kita bisa satu kota (alasan pekerjaan -red), maka dipilihlah bulan April 2010..
Tadinya malah mau bulan Mei,Juli,atau Oktober 2010....tapiii kitanya pengen cepet-cepet merit...lhoh ??? (abang said: kita atau kamu yang pengen cepet-cepet..???...ohohoohohoho)

Setelah terjadi pembicaraan keluarga di bulan Agustus 2009 tentang maksud menikahkan kami, maka dimulailah pencarian gedung pesta adat... Soalnya temen-temen bilang booking gedung itu musti jauh-jauh hari,,at least setahun...karena di Jakarta ini,,banyak orang batak yang mau merit tapi gedungnya terbatas....(lho..emang di kota lain dikit ya orang batak yang mau merit.. :p )

Waktu itu pilihan gedung adalah: Hermina, Sasana Pakarti, dan Balai Komando Cijantung.. Soalnya.. gedung-gedung itu masih deket dengan gereja yang akan jadi tempat pemberkatan kami..yaitu HKBP Ps.Minggu ....dan dari segi harga...masih terjangkau :)
Cari info sana sini...tanya ortu..tanya temen...akhirnya.. pilihan jatuh ke Hermina... langsung lah gw dan nyokap ke kantor Hermina untuk pesen tanggal yang kita mau... dan didapatlah tanggal 17 April 2010.... :)
Jadi pada bulan sekitar September 2009 gw udah DP ke Hermina untuk tanggal tersebut...

Dan sejak saat itu dimulailah research membabi-buta *lebay.com* untuk mencari tahu vendor-vendor pernikahan di Jakarta yang bagus dan 'pas di kantong'...

Searching-searching di google..sampailah ke forum wedding Weddingku.com ...khususnya di thread 'Pernikahan Adat Batak'....

Dari mulai Pernikahan Adat Batak 2009 yang isinya beribu-ribu thread gw bacain tuh satu-satu...setiap ada info vendor dicatet..dirangkum..dibandingin... gw aktif juga di thread 'Pernikahan Adat Batak 2010' nya... Pokoknya tiada hari tanpa buka forum wedding ataupun survey vendor-vendor deh...dan itu teruuus berlangsung sampe akhir Desember....(kalo sekarang sih ga ampe segila kemaren-kemaren...paling sekali dua kali sih buka forum...hohohoho).

Bahkan, ortu gw sampe-sampe tidak perlu berepot-repot nyariin vendor pernikahan buat anaknya tersayang ini..karena I've done it..

Dan ga jarang juga gw n ortu berselisih paham karena hal ini...
Gw pengen itu...ortu ga setuju....
Ortu pengennya begini...gw anggep terlalu 'old-style' ...huaaa susye... (*~*)
..hmm..gitu deh....daan terkadang emosi pun mulai main....
dan lagi si abang Rocky juga kadang-kadang kena jadi 'korban' gw....
kena marah lah...akunya merasa ditinggalin lah (yaiyalah...namanya juga long distance relationship,baru sadar??hehehehehe)

...hmmeph...intinya aku merasa diriku jadi cenderung perfeksionis, menuntut,,emosional...daan...jadi lupa esensi dari semua persiapan wedding ini...

Bukan berarti mencari vendor-vendor dengan semangat membara itu salah..Bukan banget..!!
Siapapun ingin yang terbaik untuk hajatan sekali seumur hidupnya itu...
Apalagi untuk kasus diriku yang punya budget terbatas ini...Butuh effort dan kreativas lebih lagi untuk cari vendor yang oke dan harganya bersahabat...hehehehehe :)

Yang jadi masalah adalah...(seperti yang dibilang ama mereka-mereka yang menasehati gw)...jangan sampe urusan suvenir cacat dikit,,atau undangan telat dikit dari jadwal atau warna lipstik aga kurang oke...mengurangi sukacita kita ketika Tuhan memberkati pernikahan kita....
Jangan sampe hal-hal sekunder itu malah membuat orang lain banyak yang kepaitan ama kita....
Jangan sampe orangtua kita,,,sodara sekandung kita...vendor-vendor kita....ato bahkan pasangan kita sendiri misalnya....jadi sakit ati ama kita... sama ulah kita...

Hmmm...ga mau deh ngebayangin ada orang yang bersungut-sungut kesel gitu pas hari bahagia kita hanya gara-gara kelakuan kita yang perfeksionis kurang manusiawi... (tapiiii kalo kesalahan vendornya ga banget n susah ditolerir...masih boleh kok komplen...hehehehehe)

Yang terpenting dari semua kesibukan persiapan ini adalah....Tuhan memberkati keluarga baru yang akan kita dan pasangan kita bentuk :) ...Tuhan berkenan dengan keluarga ini....Kedua keluarga yang baru saja dipersatukan senang....teman-teman senang....semuaa senaaang....Dan pada akhirnya kita dan pasangan kita dilimpahi berkat dari Tuhan,,,dari kluarga...dari teman-teman...dari semua.....

Amiiinnn :)

Thanks ya K'Senti dan B'Rocky ku sayang buat nasehatnya...
Semoga aku ga lupa yah....Jangan bosen-bosen diingetin kalo dah mulai keluar jalur ya abang sayang...hihihihihihi :)

Semangat..!! :)

Tidak ada komentar: